Tuesday, December 19, 2017

Hari ini (19/12/17) KPPU menjatuhkan vonis bersalah kepada produsen AMDK merek Aqua. Dan mewajibkan Aqua membayar denda13,84 milyar karena terbukti melakukan praktik persaingan bisnis tak sehat terhadap sesama produk AMDK yaitu Le-Minerale.

Aqua terbukti menghalangi distribusi Le-Minerale dengan melarang sejumlah toko/kios menjual produk AMDK tersebut. Sungguh suatu perbuatan tak terpuji yang dilakukan ‎oleh sebuah perusahaan besar. Inilah akibat negatif yang bisa terjadi dari skema Competition.

Hari ini pula, Bluebird mengumumkan kerjasamanya dengan penyedia aplikasi travel yang sedang naik daun Traveloka. Sehingga sekarang saat di bandara Anda bisa dengan mudah memesan taksi Bluebird ‎via aplikasi Traveloka. Menjadikan Traveloka sebagai channel baru Bluebird dalam menjangkau pelanggan dengan mempergunakan trafik pelanggan Traveloka. Ini yang disebut Co-operation. 

‎Sebelumnya, pada tahun ini pula Bluebird memutuskan untuk bermitra dengan Gojek. Sehingga taksi Bluebird bisa dipesan melalui aplikasi Gojek. Pada akhirnya Bluebird tersadar bahwa Gojek telah melakukan "disruption" terhadap market armada taksi Bluebird. Daripada bersitegang dan terus bersaing dengan taksi online, maka Bluebird memutuskan untuk melakukan Co-opetition dengan Gojek.

Dari uraian diatas, terlihat bahwa fenomena bisnis model sudah berubah. Dari era Competition beralih ke format bisnis model yang lebih kekinian yaitu Co-operation: dengan bisnis yang tak sejenis. Dan melakukan Co-opetition: bermitra dengan bisnis yang sejenis.

Jadi bagaimana dengan bisnis model Anda? Masihkah menggunakan format berkompetisi dan perang harga? ‎Atau Anda sudah memutuskan untuk segera mengubah bisnis model di tahun mendatang?

‎Salam Sukses Penuh Berkah.
coach Rully Bhaskara

0 comments:

Post a Comment